Minggu, 11 Agustus 2024

SHORT TIPS #5 - MENGENAL CRM - AGAR PELANGGAN LOYAL

Pelanggan loyal, yaitu pelanggan yang beli lagi dan lagi, bahkan mereka mau merekomendasikan kepada orang lain, menjadi dambaan banyak pemasar. Kemajuan bisnis sangat ditentukan oleh seberapa banyak pelanggan loyal yang dimiliki. Setuju ya? 


Bagaimana cara mencipatkan pelanggan loyal? atau bagaimana cara membuat agar pelanggan menjadi loyal?

Ada strategi yang bila dijalankan dengan benar, akan bisa menjawab pertanyaan ini. Ya betul sekali, strategi Customer Relationship Management (CRM). 

 Apa itu strategi CRM? teman-teman bisa belajar langsung a to z soal CRM dengan melihat video-video Tips CRM pada channel youtube saya: SharingCRM. Ada lebih dari 300 video yang membahas info-info praktis CRM ini.

Secara singkat, apa itu strategi CRM?


Intinya adalah kita melakukan pengelolaan pelanggan dengan benar, dengan cara mengenal mereka. Hanya itulah cara yang benar dalam mengelola pelanggan, yaitu mengenali pelanggan. Dengan mengenal mereka (pelanggan), Anda bisa menyusun program, mengembangkan produk, mengembangkan layanan, membuat event, berkomunikasi / ngobrol --> sesuai dengan profil mereka.

Dengan mengenal pelanggan, Anda tahu persis apa yang dibutuhkan, diinginkan atau solusi apa yang mereka sedang cari atas permasalahan yang sedang mereka hadapi. Oleh karenanya, Anda akan hadir sebagai pahlawan, bulan hadil sebagai seorang Sales yang menawarkan produk atau layanan. tapi Anda hadir, membawa jawaban dan solusi atas problem mereka.

Jadi apa yang akan Anda lakukan dengan benar melalui strategi CRM?

1. Mengenali pelanggan. yang Anda lakukan adalah dengan mengumpulkan informasi tentang pelanggan, melakukan pengelompokan, melakukan Analisa pelanggan. Hasilnya, Anda mengenal dengan baik pelanggan Anda.

2. Menyusun Penawaran yang sesuai. Tingkat keberhasilan penjualan, tinggi atau rendah, ditentukan salah satunya adalah faktor kesesuaian antara apa yang Anda tawarkan dengan apa yang diharapkan, dibutuhkan problem pelanggan. Jadi kuncinya adalah mengenal pelanggan

3. Membawa Solusi. Saat pemasar hadir sebagai pembawa Solusi, maka pelanggan akan mendekat, bukan sebaliknya malah mereka kabur. Lalu bagaimana cara Anda merumuskan solusi? ya, caranya adalah dengan mengetahui probelm mereka. Rumus Bisnis adalah: Problem Pelanggan = Solusi Pemasar. Artinya problem pelanggan merupakan peluang bisnis bagi pemasar. 

Besimpulannya, strategi CRM adalah pengelolaan pelanggan dengan benar, dengan cara memberikan penawaran yang sesuai dengan keinginan, kebutuhan dan problem dari para pelanggan.

Terimakasih
Info lengkap, silahkan join workshop CRM dengan kontak ke 081282833528

Salam CRM
Joko Ristono - CRM Specialist.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar